Plat F untuk Daerah Mana, Ya? Ini Jawabannya

Table of Contents Arti Plat F, Untuk Daerah Mana Ya?Variasi Warna dan Makna Nomor Polisi dari Plat Kendaraan Untuk kebutuhan kerja maupun sekolah, kamu pastinya membutuhkan alat transportasi. Sepeda motor dan mobil memang jadi alat …

39125 ilustrasi plat nomor dari berbagai negara pixabaycomimagesid 2438212

Untuk kebutuhan kerja maupun sekolah, kamu pastinya membutuhkan alat transportasi. Sepeda motor dan mobil memang jadi alat transportasi yang paling memudahkan buat kamu yang sering bepergian. Nah, pada masing-masing kendaraan ini biasanya dipasangi oleh plat nomor. Plat nomor ini tentunya bukan cuma berfungsi sebagai aksesoris saja. Tapi, juga bisa memberikan informasi daerah asal kendaraan tersebut. Misalnya, kamu punya atau pernah melihat kendaraan dengan nama plat F. Apa artinya?

Arti Plat F, Untuk Daerah Mana Ya?

Nah, kamu pastinya penasaran kan saat melihat kendaraan dengan plat F hilir-mudik di kotamu. Sedikit fakta menarik, masing-masing daerah biasanya punya inisial huruf plat yang berbeda-beda. Dalam hal ini, huruf plat F punya makna bahwa pemilik mobil atau sepeda motor tersebut berdomisili di kawasan Kota Bogor atau sekitarnya. Secara lebih jelas, berikut adalah kota-kota yang memiliki jenis plat kendaraan F:

  • Kota dan Kabupaten Bogor
  • Kota dan Kabupaten Sukabumi, dan
  • Kabupaten Cianjur.

Nah, ternyata plat F menandakan daerah yang lumayan banyak, ya? Nah, ada satu cara lagi buat mengidentifikasi asal kendaraan tersebut. Selain melihat huruf F yang ada pada bagian depan nomor seri plat, kamu juga bisa melihat dari huruf belakang pada plat tersebut. Ini kombinasi plat depan dan belakang, serta kode wilayah yang harus kamu ingat:

  • Kode plat belakang untuk wilayah Kota Bogor: A, B, C, dan D
  • Kode plat belakang untuk wilayah Kabupaten Bogor: F, G, H, I, J, L, N, M, O, R, dan P
  • Kode plat belakang untuk wilayah Kota Sukabumi: T dan S
  • Kode plat belakang untuk wilayah Kabupaten Sukabumi: U, Q, dan V
  • Kode plat belakang untuk wilayah Kabupaten Cianjur: X, W, Y, dan Z.

Variasi Warna dan Makna Nomor Polisi dari Plat Kendaraan

Selain kode wilayah, plat kendaraan juga biasanya mencantumkan masa berlaku pajak yang harus diperbaharui setiap 5 tahun. Saat masa berlaku dari nomor kendaraan tersebut habis, kamu harus melakukan registrasi ulang ke kantor samsat terdekat di daerahmu. Selain nomor pajak, plat kendaraan juga biasanya punya warna dengan nomor polisi yang berbeda-beda.

Warna pada plat dan nomor polisi ini tentunya bukan cuma sekadar dekorasi saja. Masing-masing warna memiliki makna yang menunjukkan peruntukan kendaraan tersebut. Berikut jenis-jenisnya:

  • Untuk jenis kendaraan pribadi dan kendaraan sewa: plat dasar warna hitam dengan tulisan nomor polisi berwarna putih
  • Untuk jenis kendaraan umum: plat dasar warna kuning dengan tulisan nomor polisi berwarna hitam
  • Untuk jenis kendaraan yang dimiliki dinas Pemerintah: plat dasar warna merah dengan tulisan nomor polisi berwarna putih
  • Untuk jenis kendaraan badan diplomatik mancanegara: plat dasar warna hitam dengan tulisan polisi berwarna putih. Ditambah dengan adanya 5 digit angka dan kode negara asal
  • Untuk jenis kendaraan staf operasional badan diplomatik mancanegara: plat dasar warna hitam dengan tulisan putih
  • Untuk jenis kendaraan yang dikirim dari dealer ke pihak perakitan dan sebaliknya: plat dasar warna putih dengan tulisan nomor poliis berwarna merah.

Nah, sekarang rasa penasaranmu terhadap plat F dan sejenisnya sudah terjawab, bukan? Kamu bisa cari tahu lebih lanjut informasi mengenai fakta menarik seputar plat kendaraan maupun informasi teknologi terbaru dengan mengunjungi hargafurniturejepara.com. Informasi-informasi menarik yang ada di dalam situs tersebut dijamin membuatmu semakin kaya akan ilmu pengetahuan. Semoga informasi ini juga memberikan manfaat buat kamu!

Leave a Comment